7 Langkah mengatasi Rasa Bosan

Rasa bosan yang biasanya ditandai dengan kejenuhan, buntu, tak tahu harus berbuat apa, tak bergairah, dapat hadir pada setiap orang.

Bila kebosanan tak segera teratasi biasanya akan didikuti oleh rasa kesal, kecewa, malas , merasa tak dihargai, dan sebagainya. Kebosanan membuat orang menjadi tidak produktif, kehilangan kesempatan, mudah berprasangka buruk dan memiliki emosi negatif lainnya. Hal ini akan sangat merugikan diri sendiri.
Berikut ada 7 langkah untuk mengatasi rasa bosan :

(1) Kenali penyebab kebosanan : Bertanyalah pada diri sendiri dan cari tahu mengapa kita bosan. Apakah kita bosan karena rutinitas ? Atau berselisih paham dengan orang lain (misal: atasan) sehingga anda kecewa, Bosan adalah akibat bukan sebab, karena itu carilah penyebabnya, lalu coba untuk mengatasinya.

(2) Beraktivitas hingga berkeringat: rasa bosan, kemalasan atau perasaan kurang bergairah dapat berkurang dengan cara tetaplah bergerak. Lakukan sesuatu yang membuat anda bergerak dan berkeringat. Anda bisa bekerja fisik (misal: menguras bak mandi, membersihkan gudang, mengepel lantai,dll.), berolahraga dan bermain (misal: sepak bola, basket, tenis, dll.),

(3) Cukupkan istirahat : Mungkin rasa bosan anda disebabkan oleh kelelahan fisik dan pikiran. Untuk itu sediakan istirahat yang cukup. Bila anda kurang tidur, maka cukupkan kebutuhan tidur anda. Namun jangan bermalas-malasan, isilah waktu istirahat dengan kegiatan yang menumbuhkan kegembiraan. (misal: berjalan-jalan di gunung, tidur di alam bebas, bersantai sambil menikmati ikan di kolam, rekreasi dengan anak2 dll.)

(4) Menghayati apa yang dikerjakan, Yang umum terjadi, kebosanan timbul karena orang tidak menghayati apa yang sedang dilakukannya. Untuk mengikis kebosanan, coba hayati apa yang anda lakukan, nikmati setiap detil pekerjaan anda, perhatikan lebih sungguh-sungguh tugas anda.. Menghayati berarti menyertakan hati dan pikiran pada pekerjaan anda.

(5) Ubah kebiasaan anda: Lakukan rutinitas anda dengan cara berbeda. Misal, bila anda biasa datang ke kantor pada jam 8 pagi, maka cobalah untuk datang jam 6 pagi. Rasakan betapa berbedanya. Ini menumbuhkan fleksibilitas diri anda, sekaligus untuk menemukan hal-hal yang baru.

(6) Melakukan sesuatu yang baru,: temukan sesuatu yang baru yang membangkitkan gairah anda. Lakukan sesuatu yang membuat anda bergerak, menciptakan sesuatu dari tangan anda, atau memelihara kehidupan. Misal: belajarlah membuat kandang merpati, pagar tanaman, menjahit kain perca, membuat origami, dll.

(7) Pererat dan perluas relasi anda: Jika bosan disebabkan karena kesal terhadap seseorang maka yang perlu diperbaiki adalah rekatkan kembali hubungan dengan orang tersebut, anda dapat mencoba kontak teman-teman lama anda. Ini akan membangunkan gairah diri anda. Meski hanya sekedar bercakap-cakap, anda bisa menemukan sesuatu yang baru yang bisa anda kerjakan bersama-sama. Usahakan memperluas relasi anda.

-

No comments:

Post a Comment